Pengobatan baru untuk tremor esensial:
Focused Ultrasound Foundation (terapi gelombang ultrasound)

Pengetahuan dasar tentang gemetar dan penyebabnya

Selain akibat faktor fisiologis, gemetar juga dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit. Penyebab yang paling umum adalah tremor esensial, penyakit Parkinson, hipertiroidisme, dan alkoholisme. Di antara penyakit tersebut, penyebab gemetar yang paling banyak adalah akibat tremor esensial dan penyakit Parkison karena jumlah penderitanya yang banyak. Dokter akan mencari tahu penyakitnya terlebih dahulu sebelum memulai perawatan.

1. Tremor fisiologis

Di antara berbagai gemetar, tremor fisiologi adalah yang paling banyak terjadi. Hal ini dapat terjadi pada siapa pun ketika sedang gugup, kedinginan, atau ketika sedang memegang benda yang kecil, sehingga gemetar ini tidak perlu dianggap sebagai penyakit. Geme- tar ini juga tidak akan mengganggu dalam kehidupan sehari-hari.

2. Hipertiroidisme

Penyakit ini disebut juga sebagai penyakit Basedow. Ini adalah pen- yakit yang disebabkan oleh kelenjar tiroid yang berada di dekat tenggorokan menjadi hiperaktif, sehingga melepas hormon tiroid terlalu banyak. Selain terlihat adanya gemetar kecil pada ujung tangan, gejala umum yang terlihat adalah keluar keringat, takikardia (kondisi detak jantung yang cepat), emosinal, dan proptosis ringan.

3. Tremor esensial dan penyakit Parkinson

Kedua penyakit ini yang banyak ditemukan sebagai penyebab gemetar, sehingga perlu untuk dibedakan dengan benar. Berikut ini akan dijelaskan secara detail.

Tremor Esensial Penyakit Parkinson
Usia munculnya penyakit Banyak terjadi pada paruh baya, tetapi dapat terjadi juga pada usia muda Banyak terjadi pada usia paruh baya
Anggota tubuh yang gemetar Tangan, kepala, dan suara bergetar Tangan dan kaki
Riwayat keluarga Kadang-kadang ada Tidak ada
Gejala Hanya tremor Selain tremor, dapat juga menjadi kaku (gerakan otot menjadi kaku) atau tidak bergerak (gerakannya menjadi lamban)
Ciri-ciri tremor Tromor muncul pada saat sedang melakukan sesuatu. Tremor yang cepat Tremor muncul pada saat sedang diam. Tremor yang lambat. Gerakannya seperti sedang menggosokkan jari.
Ketika sedang makan Tidak dapat memegang alat makan dengan baik karena tangannya gemetar Gerakannya lambat, tetapi tidak terlihat gemetar.
Menulis Sangat berantakan Hurufnya semakin lama semakin kecil (mikrografia)

Tremor esensial

Tremor esensial adalah penyakit yang gejalanya hanya gemetar. Dengan kata lain, ciri-ciri penyakit ini selain gemetar adalah tidak ada. Persentase terjadinya penyakit ini pada usia di atas 40 tahun di Jepang adalah 6,1%. Biasanya penyakit ini akan semakin berat sedikit demi sedikit seiring bertambahnya usia. Namun penyakit ini tidak sampai membuat seluruh tubuh gemetar hingga tidak dapat melakukan apa pun.
Gemetar akibat tremor esensial tidak akan menjadi masalah ketika masih ringan. Namun jika sudah mengganggu kehidupan sehari-hari seperti sulit untuk menulis atau gelas yang dibawa menjadi tumpah, maka perlu untuk dilakukan perawatan. Akhir-akhir ini kesadaran terhadap petingnya menjalani kehidupan yang nyaman (QOL: Quality of LIfe -kualitas hidup-), sehingga semakin aktif pengobatan yang dilakukan dalam rangka memperbaiki QOL sekalipun bukan penyakit serius. Penyebab dari tremor esensial masih belum diketahui secara pasti. Namun penyakit tersebut sering dihubungkan dengan saraf simpatik yang bekerja pada saat bersemangat karena gejalanya akan memburuk ketika merasa gugup secara mental. Kemudian jika ada keluarga atau kerabat yang menderita tremor esensial juga, maka ada kemungkinan itu adalah tremor familial.

Karakteristik tremor esensial / Pemeriksaan gemetar mandiri

“Gejala yang diduga sebagai tremor esensial”

Mari periksa gemetarnya sendiri.
Apakah akhir-akhir ini Anda pernah merasakan gemetar seperti di bawah ini?

  • Bagi yang banyak menjawab dengan "ya", maka Anda diduga menderita tremor esensial atau penyakit Parkinson.
  • Bagi yang banyak menjawab dengan "ya" pada pernyataan nomor 1-5, kemungkinan menderita tremor esensial. Sedangkan bagi yang banyak menjawab dengan "ya" pada pernyataan nomor 6 dan 7, kemungkinan menderita penyakit Parkinson.
  • Bagi yang banyak menjawab dengan "tidak" tetapi gemetar, maka ada kemungkinan 1 Tangannya gemetar ketika menulis. menderita penyakit lain. Silakan untuk berkonsultasi dengan dokter.
Download
Checksheet Gejala
Tremor Esensial

Mari periksa gemetarnya dengan
membuat gambar spiral dan garis

Anda dapat memeriksa tingkat gemetar Anda juga dengan membuat gambar spiral atau garis lurus. Silakan mencobanya dengan mencetak halaman berikutnya. Pemeriksaan ini hanyalah sebuah perkiraan. Untuk hasilnya, silakan konsultasikan dengan dokter spesialis neurologi. Kami rekomendasikan untuk diperiksa oleh dokter apabila gemetarnya sudah mengganggu keseharian Anda.

Download
Checksheet Gambar

Metode perawatan tremor esensial / Tentang MRgFUS

Metode perawatan tremor esensial

Selama ini metode perawatan yang dilakukan adalah dengan memberikan obat untuk menekan gejala gemetar yang bukan pengobatan secara langsung.
Namun setelah dikembangkannya metode bernama MRgFUS, penyebab gemetar dapat disembuhkan dengan mengidentifikasi bagian dalam otak yang menyebabkan gerakan tidak disengaja, kemudian diberikan gelombang ultrasonik pada bagian yang menjadi masalah.
Perawatan ini masih belum ada di Asia Tenggara, tetapi dapat dilakukan di Nagoya Kyoritsu Hospital dari Kaikoukai Group yang berada di Jepang.

MRgFUS

Sama halnya seperti mengumpulkan cahaya pada satu titik dengan kaca pembesar, metode ini mengumpulkan satu per satu gelombang ultrasonik yang lemah untuk ditembakkan pada jaringan target. Dengan menembakkan gelombang ultrasonik secara terpusat, jaringan target dapat hancur (koagulasi) akibat panas (50-60°C). Perawatan ini dapat dilakukan berulang kali karena tidak ada paparan radiasi. Per- awatannya dilakukan sambil mengambil gambar MRI, sehingga gelombang ultrason- ik dapat ditembak pada posisi yang akurat dan dapat memastikan perubahan suhu yang detail selama proses penembakan.

Hasil Perawatan

Gemetar Anda akan mereda dan Anda dapat menggambar garis yang halus setelah perawatan.

*Note: Hasil perawatan dapat berbeda untuk setiap orang
*Note: Contoh kasus di Nagoya Kyoritsu Hospital