Pemeriksaan Endoskopi


Pemeriksaan Endoskopi

Adalah pemeriksaan menggunakan kamera berukuran sangat kecil yang dimasukan ke dalam saluran pencernaan dan secara langsung dapat menampilkan gambar melalui layar TV. Dengan perkembangan teknologi dan peralatan medis, melalui pemeriksaan tahap dini menggunakan endoskopi, kanker yang selama ini sulit dideteksi dapat ditemukan. Ada 2 jenis endoskopi, endoskopi yang digunakan untuk memeriksa saluran pencernaan atas disebut gastroskopi, sedangkan endoskopi yang digunakan untuk memeriksa saluran pencernaan bagian bawah disebut kolonoskopi. Pemeriksaan gastroskopi dilakukan dengan menggunakan kamera untuk memeriksa kerongkongan, lambung dan usus dua belas jari untuk mendeteksi penyakit kanker lambung, kanker kerongkongan, dan dengan dapat mudah mendeteksi penyakit seperti tukak lambung dan tukak usus dua belas jari. Untuk kolonoskopi dilakukan bagi pasien yang dianjurkan untuk melakukan tes darah samar (FOB), maupun pasien dengan gejala tertentu di bagian perut. Kolonoskopi digunakan untuk mendeteksi penyakit kanker usus besar, enteritis dan sebagainya hingga pada tahap seberapa parah penyakit tersebut.



Penyakit Kanker di Indonesia

Di Indonesia setiap tahunnya 300,000 orang didiagnosis menderita kanker, dan 195,000 orang meninggal karena kanker setiap tahunnya. Jika kita kasifikasikan,12,2% dari total kematian akibat kanker di Indonesia menderita kanker lambung dan kanker usus besar.

Jika anda mengalami gejala gejala berikut ini konsultasikan dengan
dokter dan secepatnya melakukan check up


  • Jika ada benjolan, lebam atau merasa sakit pada bagian perut
  • Jika anda mengalami konstipasi atau diare terus menerus
  • Jika anda mengalami penurunan berat badan atau anemia tanpa sebab yang jelas
  • Jika di keluarga anda terdapat orang‐orang yang menderita kanker atau polip pada usus besar

Pemeriksaan Endoskopi di Nagoya Kyoritsu Hospital



Sistem video scope endoskopi yang dimiliki Nagoya Kyoritsu Hospital memiliki kualitas gambar resolusi tinggi dan lebih baik dibandingkan dengan kualitas gambar alat yang sebelumnya digunakan. Dengan menggunakan teknologi NBI (Narrow Band Imaging), jenis maupun sel kanker dapat dideteksi secara dini.


Gambar yang dihasilkan
dengan mode cahaya normal


Gambar yang
dihasilkan pada mode NBI

Kami melakukan pemeriksaan endoskopi dengan bantuan obat bius
untuk meminimalisasi rasa sakit pada pasien.