Kaikoukai Japan Medical Tourism

21 Nov 2017 Siaran Pers

Press Release

Kaikoukai Healthcare Group (KHG), JEPANG, 21 November 2017 –Menurut data dari perusahaan konsultan Roland Berger tahun 2015, lebih dari lima ratus ribu orang di Indonesia mencari pelayanan medis di luar negeri setiap tahunnya. Banyak pasien ke luar negeri untuk menjalani pelayanan medis/kesehatan yang belum tersedia di Indonesia atau mencari metode pelayanan kesehatan yang lebih maju. Jepang telah memfokuskan diri dalam penerimaan kunjungan serta pemberian pelayanan kesehatan berkualitas tinggi kepada pasien-pasien dari luar negeri sejak tahun 2010.

KHG mengembangkan berbagai macam pengobatan dan penunjang pelayanan kesehatan di Jepang maupun di luar negeri. Di Indonesia, diawali dari KAIKOUKAI CLINIC SENAYAN (KCS) yang menyediakan pelayanan wisata kesehatan (medical tourism) dari Indonesia ke Jepang yang dinamakan “KAIKOUKAI JAPAN Medical Tourism (KJMT)”. Sampai ini KJMT mempunyai metode pelayanan kesehatan dengan invasif minimal (tindakan medis yang ringan) dan berkualitas tinggi serta telah berpengalaman dalam melayani pasien-pasien dari berbagai negara dengan mengunakan fasilitas kesehatan terbaik yang hanya ada di Jepang.

Mengenai Kaikoukai Healthcare Group

KHG menyediakan fasilitas komprehensif (menyeluruh) serta terpadu dalam pengobatan dan perawatan untuk memenuhi seluruh kebutuhan medis melalui fasilitas pelayanan kesehatan yang sudah ada di Jepang seperti emergency care, preventive medicine, dialysis medical care, rehabilitasi dan nursing care.

KHG yang berpusat di Rumah Sakit Nagoya Kyoritsu, terkenal dengan pelayanan kesehatan yang invasif minimal seperti pada terapi radiasi dan pengobatan penyakit pembuluh darah dengan menggunakan teknik kateterisasi, serta dikenal memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi oleh tim dokter, perawat, farmasi (obat-obatan) dan dukungan profesional dari tim khusus lainnya.

Terkait program wisata kesehatan (medical tourism), KHG telah memberikan pelayanan kesehatan pada pasien yang berasal dari Cina sejak 2010, dan saat ini telah melayani lebih dari 1,000 warga negara asing (termasuk pasien warga asing yang bermukim di Jepang). Pada tahun 2014, KHG masuk ke Indonesia sebagai badan usaha Jepang, mendirikan klinik bernama KCS dan kemudian pada 2017 berkerjasama dengan RSUD Pare-pare pelayanan patient dialysis.

 

Keistimewaan KAIKOUKAI JAPAN Medical Tourism

Sejak awal keberadaan KCS di Indonesia, berfokus pada pengobatan dengan metode terbaru sesuai fasilitas kesehatan yang hanya ada di Jepang. Kami menawarkan program pelayanan wisata kesehatan dengan invasif minimal (tindakan medis yang ringan) dan berkualitas tinggi untuk pasien-pasien dari Indonesia ke Jepang yang dinamakan KAIKOUKAI JAPAN Medical Tourism (KJMT).

 

<Ketersediaan Sistem Pendukung yang Nyaman dan Terpadu>

・Visa kunjungan berobat

Pada pasien asing yang ingin melakukan pelayanan kesehatan di Jepang, diharuskan memiliki visa kunjungan berobat untuk pasien serta keluarga pasien yang akan menemaninya. Saat melakukan pengajuan visa kunjungan berobat, diperlukan jadwal kunjungan, surat garansi dan konsultasi dari institusi medis terkait. Untuk hal tersebut, kami telah memiliki kerjasama dengan koordinator international pertukaran medis, sehingga akan didapatkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses visa kunjungan berobat, maka pelayanan yang kami berikan sebagai one stop services.

・Staf orang Indonesia

Kami menyediakan staf orang Indonesia yang bertugas sebagai penerjemah. KHG hanya menempatkan staf yang telah memenuhi kualifikasi perawat yang sesuai standar Jepang. Sehingga pasien dapat berkonsentrasi pada pelayanan kesehatannya saja.

Pelayanan medis yang tersedia pada tahap awal

Kaikoukai menyediakan pemeriksaan medis dengan alat PET (positron emision tomography) berkualitas tinggi untuk diagnosis, second opinion untuk diagnosis gambar radiografi jarak jauh, dan terapi proton untuk pengobatan kanker.

・Diagnosis PET-CT

Pemeriksaan PET (Positron Emission Tomography / tomografi emisi positron) adalah metode pemeriksaan untuk mencitrakan aktifitas radiofarmaka di sel seluruh tubuh, jantung, atau otak sebagi citra tomografi (perpotong). Fasilitas pelayanan kesehatan diagnosis gambar KHG adalah fasilitas pelayanan kesehatan pertama di Jepang yang menggunakan PET-CT untuk tujuan klinis dan merupakan pusat PET-CT terbesar di wilayah Central Japan karena memiliki alat PET-CT sebanyak 5 buah saat ini. Jumlah keseluruhan pemeriksaan PET-CT yang dikerjakan sampai sekarang, termasuk untuk pemeriksaan rujukan dan medical check-up adalah 100.000 kasus. Kaikoukai di Jepang juga memiliki PET untuk pemeriksaan payudara (PET-mammography)

Pada penyakit yang sulit untuk ditemukan oleh salah satu jenis alat pemeriksaan saja, dapat diperiksa dengan mengkombinasikan alat pemeriksaan seperti CT, MRI, dan echo, sehingga pemeriksaan untuk menentukan diagnosis penyakit dapat dilakukan dengan akurasi yang tinggi. Kaikoukai memiliki standar pemeriksaan kesehatan yang tinggi karena memiliki staf khusus seperti dokter pemeriksaan kesehatan, dokter pembaca citra, perawat, dan teknisi radiologi medis yang kaya pengalaman dan bekerja secara purnawaktu.

 ・Second Opinion

Second opinion adalah mendengarkan opini dari dokter lain selain dari dokter pertama yang memberikan diagnosis. Untuk memberikan masukan atau pendapat berupa diagnosis penyakit utama atau tambahan, metode pengobatan dan tambahan pengobatan lainnya.

Dengan mendapatkan second opinion, pasien dapat mempertimbangkan pendapat dari dokter yang menanganinya dengan sudut pandang yang lain. Sehingga pemahaman pasien terhadap penyakitnya akan semakin mendalam, sekalipun mendapatkan diagnosis atau penjelasan metode pengobatan yang sama.

・Terapi Proton

Pada umumnya radioterapi dalam penanganan penyakit kanker menggunakan X-Rays dan Gamma-rays, namun sekarang masyarakat mulai mengenal terapi proton, yang diharapkan dapat memberikan efek pengobatan yang lebih baik sehingga cukup menarik perhatian. X-Ray diketahui memberikan efek radiasi disekitar tubuh yang di sinar, dan dapat melemahkannya, namun terapi proton memiliki karakteristik antara lain mampu meradiasi tumor hingga kebagian dalam, tanpa menimbulkan efek samping ke jaringan sekitarnya.

Diharapkan dengan terapi proton dapat mengembalikan fungsi tubuh, dengan rasa sakit yang minimal dan mengurangi beban pada jaringan sekitarnya.

 

Berita Terbaru

Info Medis 18 Jul 2018

Pemberi Materi di seminar Nasabah Bank Panin

Pada hari Selasa, 17 Juli, Satoru Osima, seorang dokter kardiovaskular di Rumah Sakit Kyoritsu Nagoya telah memberikan kuliah di seminar untuk Nasabah Bank Panin. Dokter Satoru Oshima berb...

Info Medis 31 May 2018

PASIEN MEDICAL TOURISM PERTAMA DARI INDONESIA

Hari Kamis tanggal 12 April 2018 Kaikoukai Group untuk pertama kalinya kedatangan pasien medical tourism dari Indonesia yang berkunjung ke RS Nagoya Kyoritsu. Pasien merasa tidak nyaman deng...

Siaran Pers 29 May 2018

“KAIKOUKAI JAPAN Medical Tourism (KJMT)”

Press ReleaseKAIKOUKAI JAPAN Medical Tourism (KJMT)